Category Archives: resep

Homemade Bakso Daging

Bakso daging Homemade

Bahan :
Daging keluar dr freezer potong kecil2 250gr
Bawang putih cincang 1 siung
Bawang putih goreng 3 siung
Telur 1 butir
Tepung sagu tani / tepung tapioka 50gr
Gula garam merica secukupnya

Cara masak:

Masukkan semua bahan kedalam foodprocessor/ blender daging
Setelah tercampur rata, bulatkan dengan sendok.
Masukkan kedalam air panas yang baru mendidih. Sampai habis.
Seletelah selesai didihkan sampai bakso mengapung
* daging yg dipotong kecil2 yg keluar dari freezer dipakai agar tekstur bakso tetep lembut dan kenyal, bakso tidak kenyal bisa disebabkan krn panas dari proses penggIlingan, kl daging dalam keadaan dingin bisa diakali digiling bareng es serut 3sdm

Kuah bakso:
Tulang sapi
Bawang putih goreng 3 siung
Gula garam merica secukupnya

Masukkan semua bahan kedalam air, didihkan hingga matang

Hidangkan bareng pelengkapnya….

Rasanya eeenak kata noura

View on Path

Advertisements

Mau mati Rasanya…. (bonus resep siomay ayam)

Ceritanya aku sama Noura terjebak hujan deres banget di rumah mamah aku. Udara dingin plus memang waktunya jam makan, bikin aku dan noura kelaparan akut.

Buka kulkas rumah uti, gak ada bahan yang bisa dimakan dengan cepat, buah-buahan yang biasanya komplit juga gak ada, bongkar-bongkar tempat jajanan juga pas kebetulan abis, telpon uti yang entah dimana, ternyata lagi belajar kelompok sama temennya menjelang ujian. Eaaaa… ini contoh nenek yang masih bersemangat belajar, gak kayaaaaak….. aku ahahaahaha. Tanya dimana keberadaan makanan yang biasa melimpah, ternyata uti emang bersihin karena rencana belanja bulanan. Dan tersisalah @ makhluk kelaparan dirumahnya.

Telpon suami yang beda 2 gang aja, gak diangkat, ternyata dia terjebak hujan di masjid kompleks rumah.

Noura udah ngrengek, dan keluarlah kata-kata ajaib…

“bunda, aku laper bangeet ini, kalo aku tiba-tiba mati gimana ?”

hiks pengen ketawa tapi juga kasian. Untung hujan reda dan kita berdua lari menuju rumah untuk makaaaaan ahahahaha.

Makannya cencu saja stock yang masih ada dirumah kebetulan adalaaah siomay yang aneh yang kebetulan sorenya sempet aku thawing setelah ngendon di freezer.

Dan si genduk kecil makan dengan lahapnya siomay ayam plus nasi ditambah saos tomat.

Kemaren ada yang minta resep siomay ayamku. Ini dia resep somay ayamku yang pakai jurus kira-kira:

SIOMAY AYAM ala Ikha

15 lembar kulit siomay bisa lebih
air dicampur tepung sedikit untuk bahan perekat

Bahan Isi:

ayam cincang kasar 200 gram

udang kupas kulit Segenggam, optional

1 butir telor kocok

2 sendok makan tepung tapioka

setengah buah bawang bombay, cincang

2 siung bawang putih, cincang

1 lembar daun bawang, iris halus

Gula, garam, merica secukupnya

setengah sendok makan minyak ikan

 

Cara membuat :

masukkan semua bahan kedalam food processor / blender sampai halus.

Setelah semua bahan tercampur rata, ambil seujung sendok makan dan letakkan diatas kulit somay, bungkus.

Kalo aku kemaren itu salahnya keluar dari kulkas gak aku diemin dulu langsung eksekusi jadinya pecah kulitnya, dan dibikin model amplop yang jadi martabak ayam mirip kalo digoreng.

Kalo sesuai SOP kudunya dibungkus seperti somay yang sesungguhnya ahahahaha.

Setelah terbungkus semuanya, kukus sekitar setengah jam somay ayam.

Setelah matang bisa disajikan dengan saos tomat, sambal kacang, atau disimpan di freezer

TIPS PENTING

sering orang yang bikin somay mengeluh kulit luar somaynya kalau dingin jadi kering, untuk mengatasinya, selama dikukus perciki somay,atau kalau mau ribet sedikit disemprot air beberapa kali selama dikukus. niscaya somay akan berasa somay yang dijual.

RESEP DONAT KAMPUNG

Donat kampung ini request noura
Enak sih tp pegel nguleni secara saia NGGAK PUNYA MIXEEEER

*nangis dipojokan

Sebenernya punya, tapi rusak.

Si bos besar gak mau anter beli karena males dan aku juga gak mau kalo gak dianter *ribet

Tapi denger komentar Noura kl uuuuenak (menurut dia)

langsung meleleh

 

PRICELESS

 

biar nggak lupa ini resep donat yang aku bikin

 

DONAT KAMPUNG

bahan:

tepung terigu 500 gr

gula 100 gr

garam 2 sdt

fermipan 1/2 bungkus isi 11gr +air hangat 150 cc

margarin 3 sdm

telur 2 butir kocok lepas

susu bubuk (aku pake dancow sachet)

minyak untuk menggoreng

gula bubuk untuk toping

 

cara membuat :

campur semua bahan lalu siram larutan air dengan fermipan.

aduk semua bahan hingga kalis.

diamkan adonan 20mnt dengan ditutup serbet sampai adonan mengembang.

setelah 20 menit kempiskan adonan yang telah mengembang 2kali lipat.

potong-potong bulat adonan taruh diloyang diamkan 20 mnt

setelah 20 menit beri lubang ditengah adonan dengan menggunakan 2 jari yang diputar.

goreng dengan minyak goreng yang ditambah mentega.

hidangkan dengan toping gula bubuk ato sesuai selera

 

Alhamdulillaaah…. lanjut bos besar mintak oseng kangkung, fiuuuh…..

Tahu Petis

Tahu petis

 

Ini makanan favorit keluarga kecil kami.

Iya aku, suami dan Noura

Hah khok noura sudah makan siih ?

 

sempet sih mikir gitu

soal kandungan gizi endebre endebre

tapi suka trus piye….

Paling gak selama ini aman aja dan dia gak sakit perut dan gak banyak-banyak juga aku sih gak apa -apa.

Dan yang penting aku juga ikut turun tangan soal pengolahannya.

maaf ya ebok-ebok jangan ditiru.

 

Resep dari beberapa temen soal ngolah petis biar jadi petis yang enak  begini

 

Sambal petis

ditulis oleh ikha dari berbagai sumber tanya-tanya dari budhe sampe temen yang pinter masak

 

bahan:

petis bagus dan petis murah dicampur (jangan tanya petis bagus dan biasa itu gimana. Tanya aja sama ibu yang jual dipasar)

lombok

kecap manis

bawang goreng

air sedikit

 

cara membuat:

campur semua bahan diatas wajan dalam bahasa jawa itu dikotok namanya.

simpan diwadah kedap udara

bisa untuk berbagai masakan berbahan petis or dibuat cocolan aja gak bertahan lama kalo dirumahku

 

Tahu petis ini cemilan paling uhuy buat kami para penghuni rumah yang berlidah sidoarjo…

Makan bareng tahu anget + petis didepan TV rasanya…..

Alhamdulillaaaah….

View on Path

Resep Poffertjes

Poffertjes
Sumber: sajiansedap.com

Resep:
200gr tepung terigu
25 gr gula pasir
2btr telur
1sdt ragi instan
300gr susu cair
25 gr mentega cair

Cara buat:
Aduk semua bahan kering
Lalu masukkan telur yg telah dikocok aduk rata
Masukkan susu cair perlahan lahan aduk rata
Diamkan 20mnt

Setelah mengembang dan berbusa kocok2 dan masukkan mentega cair.
Masak dicetakan poffertjes

*Kl mau manis gulanya tambah

Hidangkan dengan gula bubuk or susu kentalmanis dan taburan keju

View on Path