Category Archives: cerita keluarga

Akhirnya….

Akhirnya setelah sekian lama ngeblog juga.

Sudah hampir setahun lebih nggak ngeblog, salah satu alasannya karena pindah rumah.

Sampe sekarang pasang jaringan internetnya cuma di php sama yang masang. entah kenapa padahal blok depan sudah pada banyak petugas yang pasang. Jadi paling bisanya cuma browsing browsing ringan sama stalking stalking ig sing rauwis uwis. Invite igku yaaa di @ikha___ (_ 3x).

Selain itu ternyata adaptasi tinggal di rumah baru beserta kesibukan remeh temeh bikin susah meluangkan waktu buat ngeblog, dibaca males ihihihi…

Ada banyak cerita yang terjadi yang sempet jadi inspirasi buat ngeblog, tapi lagi lagi terkalahkan oleh rasa malas.

Tapi aku masih sering baca baca blog via hp android tapi gak pernah ikut komen.

 

Apa yang terjadi setelah pindah rumah?

Usaha konveksinya berenti ditengah jalan, yang sempet bikin patah hati dan gak bangun bangun. eaaaaaa

 

Tapi efeknya aku jadi rajin bertandang ke dapur, dan jadilah beberapa project iseng yang berbuah manis karena ada yang pesen

ini beberapa hasil project dapurku:

 

Trus tiba tiba ada temen yang anaknya ulang tahun ngasih tantangan bikin Sweet corner buat ultah anaknya. Dan ini sweet corner ala ala buatanku

IMG20151016101037

semua bikin sendiri mulai dari tirai belakang,taplak meja, hiasan hiasannya mengandalkan pinterest. duuuuh itu emak emak yang updet di pinterest itu kreatip kreatip gak ada matinya idenya. Trus untuk balon sayangnya bukan aku yang ngerangkai, tapi ada mas mas kenalan yang bisa dihubungi buat bantuin ngerangkaikan balon.

Trus numpang promo sedikit kalo ada yang mau pesen-pesen untuk wilayah Surabaya dan Sidoarjo bisa banget buat hubungi aku ikha di wa 0812.16.25.1225.

Dari sini jadi belajar kalo dibalik semua masalah yang ada pasti ada hikmah yang diambil, dan ada kesempatan lain yang datang.

Ya semua pasti ada hikmahnya, cuma menungsone kadang gak sabar. ūüôā

 

 

Tentang Renovasi dan Pindahan Kami

Halloooo selamat hari senin…..

Jumpa lagiiii….. *nyanyi ala messy

Bersihiiin sarang laba-laba di blog.

Kemana aja ya aku, sok sibuk banget. Yang pasti urusan renovasi rumah plus pindahan ini menguras emosi dan tabungan. Udah gak mau buka-buka pinterest lagi. Malah pengen ini pengen itu banyak sekali, sayangnya gak punya kantongnya doraemon yang bisa dimintain uang. Bukan anaknya orang kaya juga yang bisa tinggal minta transfer.

Pokoknya merem.

Sekarang Alhamdulillah sudah pindahan tapi belum resmi, karena barang-barang masih banyak yang dirumah lama. Tapi barang-barang penting udah dicicil sedikit-sedikit.

Tampak depan rumah masih buerantakan secara udah di php-in sama tukang sampe 2 minggu. Si suami yang sabar banget nunggu tukangnya padahal istrinya udah mencak-mencak nyuruh cari tukang lain.

Wussssh…..

Ternyata pindahan dan renovasi rumah ini bener-bener penuh drama dan sumbernya adalah tukang. Dan sisuami sabarnya tak terkira ngadepin drama. Kalo aku sudah mencak-mencak kayak orang gila.

Jadi nyadar kalo suami itu sabar banget dan akunya emosional. Bagaikan air sama api. Ciyeee…. Ciyeeee… Ahahahaha….

Kalo ditanya krasan ato nggak, Alhamdulillah krasan.
Karena tempatnya lebih dingin, anginnya silir-silir. Tapi jangan dibayangin kayak di malang, ini tetep sidoarjo.
Trus deket masjid, jadinya suara adzan kedengaran. Aaah pokoknya seneng.
Kalo soal tetangga sih biasa aja, aku negor seperlunya, kenalan kanan kiri. Pas bagi-bagi kue sekalian kenalan sama tetanga, semua doain semoga betah tinggal disini. Noura juga sudah punya temen main sore.

Kalo dulu ambigu dibilang warga sidoarjo karena rumah lebih deket ke surabaya timbang sidoarjo, sekarang ditanya mantap bilang rumahnya di sidoarjo. Senengnya lagi karena aku di pusat kota sidoarjo, kemana mana deket, plus deket banget sama tol jadinya ke surabaya ato kerumah mamah cuma 20 menitan. Mantaaap pokoknya…..

Semoga drama renovasinya gak ada lagi, dan aku betah tinggal disini.

Amiiiin…..

Minta doanya yaa temen-temeeen

Mau mati Rasanya…. (bonus resep siomay ayam)

Ceritanya aku sama Noura terjebak hujan deres banget di rumah mamah aku. Udara dingin plus memang waktunya jam makan, bikin aku dan noura kelaparan akut.

Buka kulkas rumah uti, gak ada bahan yang bisa dimakan dengan cepat, buah-buahan yang biasanya komplit juga gak ada, bongkar-bongkar tempat jajanan juga pas kebetulan abis, telpon uti¬†yang entah dimana, ternyata lagi belajar kelompok sama temennya menjelang ujian. Eaaaa… ini contoh nenek yang masih bersemangat belajar, gak kayaaaaak….. aku ahahaahaha. Tanya dimana keberadaan makanan yang biasa melimpah, ternyata uti emang bersihin karena rencana belanja bulanan. Dan tersisalah @ makhluk kelaparan dirumahnya.

Telpon suami yang beda 2 gang aja, gak diangkat, ternyata dia terjebak hujan di masjid kompleks rumah.

Noura udah ngrengek, dan keluarlah kata-kata ajaib…

“bunda, aku laper bangeet ini, kalo aku tiba-tiba mati gimana ?”

hiks pengen ketawa tapi juga kasian. Untung hujan reda dan kita berdua lari menuju rumah untuk makaaaaan ahahahaha.

Makannya cencu saja stock yang masih ada dirumah kebetulan adalaaah siomay yang aneh yang kebetulan sorenya sempet aku thawing setelah ngendon di freezer.

Dan si genduk kecil makan dengan lahapnya siomay ayam plus nasi ditambah saos tomat.

Kemaren ada yang minta resep siomay ayamku. Ini dia resep somay ayamku yang pakai jurus kira-kira:

SIOMAY AYAM ala Ikha

15 lembar kulit siomay bisa lebih
air dicampur tepung sedikit untuk bahan perekat

Bahan Isi:

ayam cincang kasar 200 gram

udang kupas kulit Segenggam, optional

1 butir telor kocok

2 sendok makan tepung tapioka

setengah buah bawang bombay, cincang

2 siung bawang putih, cincang

1 lembar daun bawang, iris halus

Gula, garam, merica secukupnya

setengah sendok makan minyak ikan

 

Cara membuat :

masukkan semua bahan kedalam food processor / blender sampai halus.

Setelah semua bahan tercampur rata, ambil seujung sendok makan dan letakkan diatas kulit somay, bungkus.

Kalo aku kemaren itu salahnya keluar dari kulkas gak aku diemin dulu langsung eksekusi jadinya pecah kulitnya, dan dibikin model amplop yang jadi martabak ayam mirip kalo digoreng.

Kalo sesuai SOP kudunya dibungkus seperti somay yang sesungguhnya ahahahaha.

Setelah terbungkus semuanya, kukus sekitar setengah jam somay ayam.

Setelah matang bisa disajikan dengan saos tomat, sambal kacang, atau disimpan di freezer

TIPS PENTING

sering orang yang bikin somay mengeluh kulit luar somaynya kalau dingin jadi kering, untuk mengatasinya, selama dikukus perciki somay,atau kalau mau ribet sedikit disemprot air beberapa kali selama dikukus. niscaya somay akan berasa somay yang dijual.

Siomay Yang Aneh

Noura ini siomay goreng bukan kukus seperti yg noura minta

Mana manaaa

Lha itu didepannya

Lha bentuknya khok bukan siomay

Tapi rasanya siomay. Coba aja

*dicoba*
Siomay yang aneeh

Percakapan antara aku n noura di meja makan.
Jadi noura request bundanya bikin somay goreng bukan kukus.
Karena males mbentuk2 somaynya aku bikin bentuk amplop.
Dan menurut noura itu bukan siomay karena menurut dia siomay haruslah bentuk bulet merekah.
Zzzzzzz

View on Path

Belajar dari Noura #1

Hari ini kami berdua dapet pelajaran baru dari Noura, Terimakasih Noura……

Jadi ceritanya Noura hari ini minta pulang cepet, secara ini hari jum’at dia minta gak mau les.

Eh noura umur berapa khok les segala…. tenaaaang eboo-ebooo.

ya noura emang ikut les tambahan di sekolahnya, les tambahannya sih sebenernya ya latihan nulis, tambah-tambahan ringan dan aku liat dia fun.

Emang butuh? enggak jugaa ahahaha…..

Ini sebenarnya trik Noura biar lama disekolah, karena dia seneng banget kalo main berlama-lama disekolah. Noura tipikal anak yang gak mau pulang sebelum sekolah kosong. jadi karena les disekolah bikin dia lebih lama disekolah, maka dia minta untuk ikut les.

Apa gak bosan si Nouranya? enggak juga. Lha wong kadang kalo dia gak mau les sama gurunya dibiarin lari larian di sekolah. Tapi liat temennya les dan dia sendirian otomatis dia kabur minta dibikinin soal sama bu guru.

Tapi khusus hari ini dia minta pulang cepet, katanya bosen mainan di sekolahan kelamaan, sebenernya sih ini karena dia denger rencana aku dan pak suami yang berencana ke bank dan lanjut sarapan di soto kesayangan kami di belakang masjid SIER, Brebek sidoarjo, rasanya sih biasa, cuma suasananya yang bikin kita seneng.

Jam 10 tet, Noura kita jemput dari sekolah, dan lanjut ke bank. Urusan di bank ngambil surat keterangan hadiah untuk pengurusan BPKB. Hadiah? iyaaa kita dapet hadiah motor dari suatu bank BUMN. hadiahnya dari lebaran lalu, dan suratnya baru bisa diurus sekarang. Ahahahaha… sampe sudah lupa kalo kita dapet hadiah. Tapi bagaimanapun disyukuri kita dapet hadiah.

Setelah urusan selesai kita lanjut sarapan setengah lunch di warung soto langganan kita.

Suasananya rame orang makan seperti biasa, setelah makanan datang kita makan dengan lahapnya karena setengah kelaparan.

Lagi¬†asyik-asyik makan ada seorang bapak-bapak berpakaian aparat yang nyulut rokok disebelah aku dan Noura. Asli itu asapnya ngganggu buaaaaanget. Aku yang lagi makan nggeser noura agak jauh, dan tetep kena asap. mau negur, jujur yaaa sayanya takut, secara orangnya gede besar. Aku lagi mikir gimana caranya negur orang itu….

daaaan tiba tiba aja si Noura batuk-batuk keras banget, dan keliatan kalo dibuat – buat

uhuk… uhuk….

uhuk… uhuk….

(sambil ngipasin tangannya heboh banget)

jreng jreng….

*sekilas liat tampang bapaknya bete banget dan kayak mau nerkam noura*

Untungnya adegan terkam menerkam hanya ketakutan emaknya yang berlebihan hehehehe….

Yang ada sibapak pergi menjauh ngomel-ngomel, dan para pengunjung pada kasih jempol ke Noura.

Hari ini belajar lagi sama Noura, untuk Asertif ke orang tapi tidak menyinggung. Kadang seringkali kita asertif ke orang tapi lupa kadang kita bisa menyinggung orang lain atas pembicaraan kita.

Meskipun orang lain salah, kadang perasaan merasa bener, merasa berkuasa membuat orang merasa lebih superior dari kita.

Gak usah nyuruh orang bener dulu deeeh, dimulai dari kita sendiri. belajar untuk menerima teguran dari orang, belajar gak merasa superior, belajar untuk tidak merugikan orang lain. itu lebih penting.

*ngomong sama kaca*

 

Happy Birthday Pak Suami

Hari ini suami ulang tahuuun yang kee… 39, udah tua ya dia. Dia aja yang tua. aku enggak.

Enggak ada kado, yang ini dia udah wanti-wanti dari kapan hari, kalo mau kasih kado mending suruh bayarin utang ke toko bangunan. Huuuaaah ya gak mau rugi doonk akuhnya. Secara uangku – uangku, uangmu uang kita bersamah. Taun ini dirayain cuma makan malam di warung depan perumahan bertigah.

Tadi udah ngucapin selamat sama noura. pake acara surprise-surprisean meski gak ada kado.

Resolusi dia taun ini pengen lebih giat olahraga, rumah ndarjo juga cepet selesainya, pengen gak hanya sholat jum’at n magrib bisa jamaah dimasjid.

kalo ulang tahun biasanya kita suka ngasih pidato harapan dan doa kedia, tapi hari ini aku lebih banyak ngucapin kata-kata terimakasih buat dia:

  • Terima kasih sudah sayang sama aku n Noura
  • Terima kasih sudah sabaaaar banget menghadapi tingkah anak tk¬† ku yang kadang gak bisa ngontrol emosi yang meledak – ledak
  • Terima kasih udah jadi mentor bisnis aku
  • Terima kasih percaya sama mimpi – mimpiku dan selalu jadi suporter nomer 1 ku
  • Terima kasih yang selalu beri suport aku, yang kadang semangat bisnisnya timbul tenggelam
  • Terima kasih selalu mau dengar keluh kesahku disaat dia sendiri juga capek dengan masalah di kerjaan
  • Terima kasih sudah selalu mengingatkanku untuk selalu bersyukur
  • Terima kasih untuk gak lelah membangun mimpi kita bersama

Semoga diusia yang bertambah ini, jadi semakin sabar dan sabar lagi ngadepi aku, dan ngadepin masalah yang ada.

Semakin dilancarkan usahanya, dilancarkan usaha baru yang lagi dirintis

Tadi setelah pidato, si suami bilang kalo tugas kita sekarang adalah jadi orang tua yang baik buat Noura. harus bisa jadi contoh yang baik.

Dan saya sebagai tukang mewek udah gak sanggup nulis lagi

 

 

 

 

Mirip Al

 

gara-gara suka nonton froozen, noura sering nyari di youtube, lagu-lagu soundtracknya, terutama gak lain dan gak bukan lagunya “let it Go”. Rasanya itu lagu kebangsaan semua anak piyik2 .

Daaan kita nemu video ini, gak bosen-bosen ketawa kalo nonton.

Komentar noura adalaaaaaah: buuun yang cowok ganteng kayak AL ya buun

OMG!!!

Renovasi Rumah

Ceritanya aku dan suamiku lagi mau renovasi rumah kami yang ada di Sidoarjo pusat.

Rumah ini berdiri di perumahan lama, semenjak dibeli sampe sekarang kami belum pernah tempati. duluuuu sekali pernah di kontrak relasi ayah tapi kontrak gak di perpanjang. Saking lamanya gak ditempati PDAM dan Listrik diputus, serta saluran gasnya. Saking lamanya kosong, oleh warga sekitar, rumah ini dibersihkan dan dijadikan gudang barang inventaris RT (terima kasih tetangga, bantu rawat rumah kami).

Rumah ini baru akan kami tempati sekarang karena dalam rangka mendekati tempat usaha kami dan sekolah SD Noura.

Ukurannya lebih kecil dari rumah yang kami tempati sekarang, tapi karena lokasi yang strategis untuk aktivitas kami bertiga, mau gak mau kita tempati.

Sebelum ditempati karena ini rumah lama, maka banyak yang harus kita perbaiki.

Dari rencana awal bikin 2 lantai, akhirnya menyusut jadi 1 lantai, dan berubah cuma di perbaiki yang perlu perlu aja. Karena dananya mefeeeeeeet sekali. Rencananya kami mau jual rumah kami yang kami tempati sekarang, tapi rencananya ditentang semua orang, jadilah kita merenovasi dengan dana seada-adanya diada-adakan.  Hilang sudah angan Рangan  punya kitchenset unyu model ala-ala rumahnya si dian pelangi gagal sudah. Tapi kita tetep bersyukur, toh  dibandingkan temen-temen yang masih berusaha untuk punya rumah sendiri, kita sudah lebih dari cukup. Buat teman-teman tetap semangaaat yaaah, berjuaaaang! (opo ae sih)

Dikarenakan dana yang mefet, otomatis kita kudu pinter-pinter muter otak. tiap hari kerjaan kita kemana-mana pegang kalkulator. Akunya sudah gak kurang-kurang browsing cara menghemat anggaran renovasi rumah. Debat – debat gak penting udah jadi makanan sehari-hari kita, karena eeh karena mindah 1 tembok itu ngefek sekali ke biaya renov.

Entah kenapa yang biasanya suami jadi tukang remku, sekarang aku yang ngerem keinginan dia. Aku yang punya bayangan macem-macem jadi gak pingin apa-apa, cuma berharap rumah segera direnovasi.

Dari berbagai macam rencana yang di skip,  rencana yang tetep kita jalanin yaitu bikin atap lebih tinggi, secara Sidoarjo panas benjeeet, jadi mending ditinggikan daripada kita tersiksa kaya di sauna

Disaat semua rencana sudah okeeeeh, bahan sudah siap, eeeh tukangnya gak ada kabar aja gitu. Arrrrrrggggh.

sabaaaaar sabar….

Kalo gak ada drama itu hidup laksana sayur tanpa garaam, yakan yakaaan?

Disaat semua sudah siap, duit yang harusnya buat beli pintu terpaksa buat benerin mobil yang minta diservice. *garuk tembok*

Gak  apapa kalo terpaksa pintu kamar pake pintu kamar mandi murah di depo idr 180 reibu sekian. *meringis*

 

Dan tiap ada niat baik pasti Allah mudahkan niat kita yaaa kaaaan ?

Finally kita ketemu tukang yang mana sodara suami, untuk bahan-bahan kami nemu toko yang bisa dibayar mudur, dan kita gak henti-hentinya say Alhamdulillah.

Hari ini renovasi dimulai, doakan lancar… dan rumah imut kami akan segera bisa ditempati….

 

 

IMG01073-20140403-0911
Tampak depan rumah imut yang porak poranda :p

Pertama Kali ke Pasar Loak

Ceritanya aku mau ke utara karena ada kain yang cuma kurang 2 meter tapi tetep harus dibeli untuk pesenan di konveksi kecil kami. Kalo mau bawa mobil eman bensine boos. Pas kebetulan si suami juga mau ada perlu ke utara.

Berangkatlah kami berdua naik motor, dengan akunya yang lupa pake kaos kaki (huaaaaa panaaas…..). perjalanan waru – Utara makan waktu sekitar setengah jam, yang mana bagiku berasa lama karena panaaaas.

Finally sampe juga ke pasar loak, lokasinya di daerah Dupak – surabaya utara. Sampe sana sudah banyak calo2 yang nanya apa yang akan kita beli, si suami udah protes “buuun, jangan tampang binguuuung” .Lha maap kan baru pertama kesitu.

Apa aja sih isinya?

namanya juga pasar Loak ya isinya barang bekas, mulai dari elektronik bekas, sparepart mobil, sampe rantai kapal yang guuuede2 semua dijual disana. Ada yang bilang kalo body mobil ada yang hilang, coba cari aja disana, pasti ada yang jual. Disana aku cuma sebentar aja, setelah keperluan suami selesai beli beberapa barang dia ngajak langsung cabut. Suami juga ngeri karena didalem ternyata isinya laki2 semua, yaiyalah secara itu pasar buat “kebutuhan lelaki”.

Pasar ini gak begitu asing ditelingaku karena ayahku yang penghobi sepeda kuno, sueeering banget kesana untuk beli sparepart sepeda kesayangannya. Tapi yaa cuma denger cerita aja nggak pernah kesana, dan gak tertarik kesana juga.

Pas perjalanan pulang ada satu kios yang menarik perhatianku, karena jual berbagai macam mixer kue yang penampakannya model-model mixer mahal macam kenwood or kitchen aid. Tapi si suami yang menyebalkan ini keburu terus aja, kayaknya dia tau ada sinyal2 istrinya mau ngetem lama disana.

Mmmm kayaknya kudu dateng ke kios itu deeeh daripada penasaran. pengen liat aja, beli juga mixir 1000 kali.

Sepenggal Cerita Perjalanan Umroh kami 27 desember 2013 – 7 januari 2014

Alhamdulillah…..

Cuma ini kata yang bisa kami panjatkan.

Wishlist kami tahun kemaren sudah terwujud. Cuma bisa bilang Alhamdulillah.

Sampe sekarang masih gak percaya akhirnya  kami bisa berangkat umroh.

Kalo ada yang bilang “duitmu banyak ya?”

cuma bisa Alhamdulillah.

Semua ini asalnya dari niat kami, dan kami yakin kalo niat baik pasti Allah kabulkan cepat atau lambat.

Kami berangkat disaat kurs dollar lagi tinggi-tingginya, Jadi disana kami cuma belanja oleh-oleh pesenan. Buat kami sendiri kami nggak beli apa-apa. toh kami sudah merasa terberkati sudah bisa berangkat ke tanah suci.

Kalau ditanya berapa sih uang saku untuk berangkat  umroh. Jawab kami dari 0 rupiah sampai tak terhingga.

Pasti ada yang komen yang bener aja lhooo.

iya beneran karena semua biaya penginapan, makan dll sudah include dalam biaya yang ditagihkan diawal oleh biro perjalanan. jadi misal kita gak sangupun kita gak akan kelaparan. ada khok salah satu anggota rombongan kami yang disana nggak mengeluarkan uang sama sekali.

Kalau kami hehehehe… jangan ditanya meskipun gak banyak kami tetep ngeluarin uang untuk hobby nyamil kami biasanya sepulang dari masjid, suka tergoda sama buah-buah or jajanan yang dijual apalagi pas di Madinah.

Di madinah kami juga mengeluarkan biaya tambahan untuk tour sendiri dengan menggunakan taxi. kebetulan kami berangkat ber 5. Aku, suami, adikku, Tante dan anaknya (sepupu kami). Naah si tante ini hampir tiap tahun sudah jadi pengunjung tetap tanah suci untuk ibadah umroh jadi disana kita pandu or tepatnya digiring sama tante buat jalan-jalan ketempat yang gak masuk agenda tour.

Kalau ada yang tanya noura gak diajak?

jawabnya belum, dan insyaAllah akan kami ajak diperjalanan umroh beberapa tahun lagi, amiiiin.

Noura ada ditangan orang yang terpercaya, yaitu uti dan akung, yang mana mereka sudah bikin agenda liburan selama kita berangkat.

Kalau noura diajak tidur di hotel aja dia sudah seneng banget, jadi alhamdulillah noura aman.

Ayah bundanya pacaran dulu, eeh gak ding gak mungkin secara kita sekamar bertiga sama adikku.yang mana gak mau beranjak pergi menjauh dari kita (menyebalkan kamu deeeeek)

Dan ini beberapa foto kami

Perjalanan dimulai dari bandara Udara Juanda – Soeta-abudhabi-jedah. jangan ditanya gimana capeknya, karena yang ada seneeeng banget jadinya gak berasa. pas berangkat delay dooonk pesawat kita ke jakarta, yang mana sampe jakarta mepet banget sama jam berangkat pesawat. mana kita pindah gate dari terminal domestik ke internasional naik bis umpel2an biar gak terlambat, SERUUU….

anggota perjalanan kami dari kiri - kanan tante, me, afi (sepupu), nando (adek), Suami
anggota perjalanan kami dari kiri – kanan
tante, me, afi (sepupu), nando (adek), Suami
foto gelap gelapan didalam pesawat
foto gelap gelapan didalam pesawat

Sampai di abudhabi jalaan doonk kita untuk ke pesawat selanjutnya, dan itu lumayan jauh.

Jadi kasian sama anggota grup yang lansia jalan kaki, dan ini membulatkan tekat kami untuk sesegera berhaji biar fisik kita masih kuat.

amiiiin amiiin…..

me n nandho adikku lagi geje transit di Abu Dhabi
me n nandho adikku lagi geje transit di Abu Dhabi

Alhamdulillah akhirnya sampe di bandara Jeddah, dan aroma ibadah sudah mulai berasa.

tips buat yang cowok, pemeriksaan imigrasi lebih lama dibandingkan yang cewek bisa sampe 1-3 jam, jadi SABARO hihihi. Gapapa Kata suami pahalanya nunggu jadi lebih banyak.

Pas sholat subuh udah mulai berkaca-kaca dengerin imamnya (cemen).

menu makanan selamat datang, dan pas pulang juga lumayan enak
menu makanan selamat datang, dan pas pulang juga lumayan enak
sampai di bandara king abdul azis jedah
sampai di bandara king abdul azis jedah

Setelah sampai bandara, kita lanjut perjalanan darat by bus ke madinah, sepanjang perjalanan yang ada tanah tandus, tapi jadi mbayangin betapa kita diberi Allah kemudahan selama perjalanan ini, abaikan drama2 yang terjadi.

Dibanding Naik unta cobaaa….

Ditengah perjalanan kita berhenti sebentar ¬†untuk istirahat sholat dhuha sekalian, trus kita nyoba kopi susu 3 real yang rasanya panaaas…. lidahku meleleh hiks.

disuatu tempat istirahat diperjalanan jeddah-madinah
disuatu tempat istirahat diperjalanan jeddah-madinah

Alhamdulillah sampe juga di madinah, langsung naruh bagasi, tapi masih belum bisa chek-in, pas adzan dhuhur berkumandang, langsung lari ke masjid yang jaraknya gak begitu jauh.

Sepanjang perjalanan ke masjid hati rasanya adeeeem banget

wajah belum mandi 2 hari sudah eksis didepan masjid nabawi Madinah
wajah belum mandi 2 hari sudah eksis didepan masjid nabawi Madinah
eksis di masjid Nabawi
eksis di masjid Nabawi
foto didepan masjid nabawi
foto didepan masjid nabawi

Di madinah ada salah satu makam nabi yang disana tempat yang mustajabah untuk berdoa namanya raudah. Untuk masuk kesana jangan ditanya pasti umpel – umpelan. Tapi alhamdulillah disana selalu dimudahkan untuk sholat didepan. intinya kalau sudah selesai kasih kesempatan orang lain.

Selain ke raudah kita juga citytour ke beberapa tempat tapi yang berkesan di masjid quba. entah kenapa rasanya Adeeeem.

lanjut ke kebun kurma, yang mana ini paket dari travel, gak niat belanja disana yang ada kita foto-foto di kebun kurma yang cuma secuplik.

di depan masjid quba madinah
di depan masjid quba madinah
dikebun kurma yang cuma seuplik, yg lain belanja kita poto2an
dikebun kurma yang cuma seuplik, yg lain belanja kita poto2an
menu makan tahun baru di madinah, kalo gak males aku cerita di posting selanjutnya
menu makan tahun baru di madinah, kalo gak males aku cerita di posting selanjutnya
didepan monumen yang penuh burung dara, sebenarnya disamping itu penuh dengan kresek belanjaan dari bin Dawud. sudah kaya di paris yaaa...
didepan monumen yang penuh burung dara, sebenarnya disamping itu penuh dengan kresek belanjaan dari bin Dawud. sudah kaya di paris yaaa…

Setelah $hari di madinah, kita lanjut ke mekah untuk menunaikan ibadah umroh, jangan ditanya gimana rasanya.

yang ada degdegan dan mengharu biru

mengambil miqad di masjid bir ali madinah, Bismillah perjalanan umrah pertama dimulai
mengambil miqad di masjid bir ali madinah, Bismillah perjalanan umrah pertama dimulai
wajah lelah setelah umrah hari pertama, welcome Makkah
wajah lelah setelah umrah hari pertama, welcome Makkah
dimasjidil harram dengan pemandangan tower zam-zam yang legendaris
dimasjidil harram dengan pemandangan tower zam-zam yang legendaris
thawaf sunnah, ka'bah kumerindu
thawaf sunnah, ka’bah kumerindu
dhuha dilantai 2 masjidil haram
dhuha dilantai 2 masjidil haram
umroh mandiri, ambil mikad di masjid tan'im
umroh mandiri, ambil mikad di masjid tan’im
diturunin sama supir taxi di belakang masjidilharram, alhamdulillah jadi tau belakang masjid yang masih proses pembangunan
diturunin sama supir taxi di belakang masjidilharram, alhamdulillah jadi tau belakang masjid yang masih proses pembangunan
sai
sai
foto berdua dengan latar belakang toilet....
foto berdua dengan latar belakang toilet…..
subhanallah suasana sunrise
subhanallah suasana sunrise
meninggalkan tanah suci, Insyaallah kami akan datang kembali bersama Noura
meninggalkan tanah suci, Insyaallah kami akan datang kembali bersama Noura

Kami datang ke tanah suci disaat liburan akhir taun yang mana banyak warga negara-negara sekitar yang datang berbondong-bondong beribadah umrah bersama keluarga. Yang ada selama disana mewek tiap hari liat banyak anak kecil seumuran noura yang diajak ibadah umrah kedua orang tuanya.

Insya Allah bunda ajak Noura kalo kesana lagi, janji yang aku ucapkan didepan ka’bah. kabulkanlah yaAllah….