Monthly Archives: February 2014

Sedikit Cerita Persiapan Perjalanan kami ke Tanah Suci

Assalamualaikum teman – teman….

Disini aq mau cerita tentang persiapan perjalanan kami ke tanah suci…

Mungkin ada yg mikir wuiik mbak iki reeek durung2 riak

Mmmm insyaAllah enggak yaa temen2 karena niatnya mau sharing aja

Percaya nggak, aq yg sebelumnya belum pernah ke luar negri jadi terbantu banget bangetan karena baca2 blog temen2 yang menceritakan perjalanan mereka ke  baitullah

APA SAJA YANG PERLU DIPERSIAPKAN

Aku termasuk orang yg sembrono pake pol, banyak printilan yg aq sering lupa jadi penting bagi aq untuk MENCATAT semua to do list.

NIAT

kalo ditanya niat. niatku sudah bulat bahkan disaat belum punya dana sama sekali, disaat cicilan rumah masih mencekik leher, disaat suami masih awang2en untuk berangkat aku sudah berniat.

Niatku aku utarakan  disetiap doa setelah sholatku, ketika ada sodara yg berangkat, ketika liat liputan di TV. Entah kenapa hatiku selalu hangat ketika liat liputan tentang Baitullah, artis2 yang berangkat umroh.

Dan percayalah kalo sudah niat Allah pasti mempermudah jalannya. ini berlaku banget terjadi padaku.

BIAYA

Persiapan biaya ini penting, soale kl gak ada trus mbayar travel pake opo?*duwite mbah sangkil?* yang mana keberadaan mbah sangkil ini masih misteri sampe sekarang. lanjuuut…..

biaya ini juga termasuk biaya buat anggota keluarga yg ditinggal selama kita beribadah, yang mana kalo ini diskip karena sudah ditanggung mamah bos *anak gak tau diri*

Dari mana sumber dananya? yaaa bermacam2. Tapi inget aku bukan expertnya .

Yang pasti kalo mengharapkan rejeki dari langit yaaaa bisa tp realistis aja. Yang paling gampang NABUNG dan balik lagi itu juuga diniatkan. kecuali kita anak horang kaya, or suami kita saudagar. kalo yang pas pasan kaya kita yaaa paas pengeen umrooh khok paas ada rejeki itu yang paling enak. hihihihi…

PASPORT

Dan ato surat2 penting yang diperlukan untuk berangkat.

Pasport ini aku bikin bareng suami, tapiiii kita bikin dihari yang berbeda lhaaa kenapa khok gitu….

Ternyata data yg masuk ke pihak imigrasi itu harus sama antara akta/ijasah?surat nikah, KTP, dan KK daaaan nama bapak mertua itu bedaaa antara di akta sama kk karena jaman dulu kl orang pulang haji suka ganti nama tanpa urus administrasi lagi. Kl kayak gini mending langsung suruh ngurus surat pernyataan ke rt, rw, kecamatan kalau nama bapak berubah tanpa undangan.

Trusss setelah ngurus banyak temen yang tanya biaya, ruwet gak dll.

jadi begini jeng jeng

NGURUS PASPORT ITU MUDAH KAWAN…

Siapkan data yang diperlukan:

akta / ijazah sd/smp/sma /surat nikah, SALAH SATU SAJA

Lhooo kaa akta ku ilang (aq yo podo dan males ngurus) yo pake ijazah sd/smp/sma lhooo khok akeeeeh, diwocooo buleeeek tanda ? iku berati atau yang mana pilih salah satu. Yang mana tujuannya sebenernya adalah untuk menyamakan data nama orang tua di KK makanya cari yg sama. Kl gak sama ya urus surat keterangan seperti yang aq jelaskan diatas

KTP wajib, lek gak nduwe yo kebacut, ngurus gampang grrrratiiis

Kartu Keluarga (KK), nggak nduwe? *males njawab*

lalu NGURUS ONLINE kalo temen temen orang JAWATIMUR bisa buka http://imigrasisurabaya.org/ 

disitu kita bisa ngisi form dan memasukkan file

akta / ijazah sd/smp/sma /surat nikah, KTP, Kartu Keluarga (KK) yang sudah di scan.

Setelah masuk semua pilih tanggal kedatangan dan print bukti pendaftaran.

pada tanggal yg kita pilih datang ke imigrasi, enaknya kl daftar online ada loketnya sendiri dan tanpa antri nomor.

taruh aja print out bukti pendaftaran, berkas ASLI+fotocopiannya di kertas A4 di loket pendaftaran online dan tunggu kita dipanggil.

Syaratnya cuma itu ?

Enggak ada surat pernyataan perintaan pembuatan pasport baru, dan surat tambah nama untuk yang pergi ke negara Arab biasanya namanya kudu ada suku kata  3 plus meterai

cuma itu aja?

iyaaaaa….

selanjutnya kita tinggal tunggu dipanggil panggil aja sama petugasnya, dan jelas banget khok disana.

total habis pembuatan pasport hanya 255.000 saja sodara plus beli meterai+ beli form pernyataan di koperasi

Dan semua itu cuma dalam waktu sehari dari naruh berkas sampai foto dan wawancara. Mudaaaahkan? pokoknya hilangkan pikiran ruwet bin ribet kalo berurusan sama aparatur negara, karena kalau kita berfikir dimudahkan maka Allah akan memudahkan *mamah dedeh modeon

Pas antri barengan sama orang yang nunggunya juga barengan aku, aq tanya dia pake calo 600rb aja daaaan waktu selesainya sama aja.

yooo mending duwitnya dibuat kulakakaaan *otak bakul*

Pasport selesai 3 hari kerja.

Truuus yang manual piye?

suamiku melakukannya karena eeeh karena di surat nikah nama bapak sama sesuai kk jadi gak jadi ngurus ke kelurahan…. ealaah

mau online khok yo pas scannernya rusak dan udah kadung ambil formulir manual.

jadi hari pertama ambil nomer antrian (suamiku abis subuh antri ambil nomer antrian), jam 8 pas loket dibuka langsung naruh berkas AJA, trus dikasih nomer antrian buat besoknya dateng lagi

hari kedua subuh lagi ke imigrasi ambil nomor antrian, pulang dulu sarapan, mbalik lagi cuma buat confirmasi data, bayar, wawancara.

pasport jadi tiga hari kerja setelah pembuatan

seeeeee ribet, jadi aq sarankan daftar online sajooo.

PILIH TRAVEL YANG TERPERCAYA

bisa lewat pameran-pameran yang rutin diadakan dimall.

kalo aku, karena mamah uti dan akung punya langganan, jadi pake langganan mereka sajo. Segala macam tetek bengek persyaratan visa  kita dibantu

Tanya informasi selengkap lengkapnya mulai dari konsumsi, akomodasi selama disana (nama hotel,pesawat dll), cuaca

kenapa travel 1 sama yg lain beda harga, biasanya karena pengaruh hotel yg ditempati dan pesawat yang digunakan, serta waktunya

biasanya lowseason itu sekitar februari – juni, highseason ramadhan dan akhir tahun

KASIH PENJELASAN KE ANAK

Ini penting karena kita bakal ninggalin si kecil 9-14 hari lamanya. apalagi yang kaya noura 24jam sama bundanya, kecuali kalo diculik sama mamah uti.

Awalnya kita galau mau ajak noura apa nggak. tapi karena ini perjalanan pertama kami, maka kami putuskan untuk tidak membawa serta noura (dan duwike ngepres sisan)

noura sudah jauh-jauh hari kita sounding kalo bunda sama ayah bakal pergi umrah.

me : noura bunda sama ayah mau umroh yaa, noura dirumah aja sama uti

noura: oke nggak papa, aq soalnya sudah pernah umrah disekolah *dueeeeeeng*

gak disangka bakal semudah itu, tapi habis gitu emaknya meweeek merasa gak dibutuhkan lagi hiiks

Ditambah uti yang sounding kalo bakal liburan selama bunda dan ayah pergi jadi memudahkan . Memudahkan noura untuk membuat kita patah hati

SANGU

kalo berangkat enaknya sangu berapa yaa?

dari 500.000 rp – tak terhingga

lhoo khok mek titik?

itu uang cash yang kita bawa aja yang bisa ditukarkan di money canger yang tersebar dimana-mana. kalo ada kebutuhan yang mendesak dan mau infak / shodaqoh.

Suami cerita ada bapak2 cerita dia tidak keluar sama sekali uang disana. Memang sebenarnya catering dari travel sudah lebih dari cukup, berlaku buat si bapak. kalo buat kami berdua yaaaa karena doyan nyamil yaaaa gitu deeeeh 😀

bawa kartu debit

disana udah banyak banget atm yang ada logo sesuai dibelakang kartu yang kita yg bisa ambil. Tapi entah kenapa disana pakai atm mandiri lebih mudah dibandingkan yang lain.

Credit card

Tidak disarankan pada orang boros seperti saya. hiks

Kalo mau beli barang yang mahal misal jam yang disana memang terkenal murah mending pake cc……..suami.

Biasanya toko2 resmi mau nerima cc dan tanpa biaya, yang mana ternyata kursnya lebih murah dari atm yang masih kudu ditambah biaya admin.

IMUNISASI

waktu denger harus imunisasi, suamiku kita sebut aja selanjutnya bangjay komentar: koyok arek bayek ae

Jadi ada surat kesehatan berbentuk kartu kuning yang dikeluarkan oleh depkes yang menjadi syarat wajib pembuatan visa kalau kita menuju suatu negara. Dalam kasus ini ke Arab Saudi.

Dimana imunisasinya?

Di surabaya ada di 2 tempat

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Juanda yang mana disini terbatas banget vaksinnya, karena aq sudah 3kali kecilek karena habis mending aq saranin ke perak saja.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kls I Surabaya Jl. Perak Timur 514-516, Surabaya 60165 031-3293231

PERSIAPAN FISIK, MENTAL DAN SPIRITUAL

Pas awal awal tahu kita mau berangkat umroh si mamah udah wanti wanti buat olah raga jalan tiap pagi, karena disana banyak jalannya jalan ke masjid dari penginapan, thawaf, sai dan thawaf keliling mall.

Tapi sebagai anak yang berbakti semua saran kita dengarkan…. saja.

Dan bener aja kuwalat disana hari pertama kaki njarem semua padahal masih di madinah yang mana cuma jalan ke mesjid dari penginapan. Untungnya di makkah sudah terkondisi jadi setelah sai kita masih bisa jalan ke mall ups…

IMG_20131228_161149wajah kusem baru datang dari indonesia – jedah + perjalanan darat ke madinah, kaki njarem gak kebiasaan jalan.

Buat yang cewek konsultasi ke dokter kandungan untuk minta obat yang bisa mengatur siklus menstruasi kita. meskipun dihitung pas umroh kita tidak menstruasi sebaiknya tetep konsultasi dan minta obat untuk jaga2. Karenaaaaa semua hal bisa terjadi di rombongan juga ada yg menstruasi padahal belum waktunya :(.

persiapan mental disini itu lebih menjaga sikap kita, memperbaiki perilaku kita karena disana teguran sifatnya cash dibayar dimuka. nanti aq cerita di postingan selanjutnya.

Waktu semua orang aq pamiti, semua bilang…. “lambene dijogo yooo” JAMU (Jaga Mulut) kalo kata oomku. maklum kadar keloweran mulutku agak dol mur-nya. jadi aq bener bener njaga hal ini.

Trus mamah uti berpesan: Ojok jahat2 ambek bojomu. Yang mana bukan jahat (defensip) TAPI JUTEK hahahah podo ae. Dan aq berusaha keras untuk nggal ngomelan dan gak jutek sama suami selama sebelum berangkat, disana, dan ketika kembali nantinya amiiin.

Memperbaiki ibadah….

hiks sholat gak tepat waktu, dhuha kalo inget, tahajut bolong-bolong berusaha aku perbaiki. Dan sebelum berangkat solat Taubat biar diampuni dosa2nya yang seperti buih ombak dilautan. mbrebes mili.

APA SAJA YANG DIBAWA

Sebelum berangkat ditanyakan ke travel or gogling suhu udara di sana. Pas aku kemaren berangkat di sana lagi musin dingin. Biasanya madinah lebih dingin daripada di makkah.

  • Baju ganti, untuk 12 hari saya bawa baju gamis warna 4pcs, gamis putih 2pcs, dan paaas sodara2
  • Pakaian dalam, untuk CD aku pakai yang sekali pake buang. praktis dan gak merepotkan
  • pantyliner, bawa banyak aja karena disana harganya mihil
  • kaos kaki, kalo aku kebetulan disana lagi rajin cuci2 jadi habis pakai biasanya langsung aku cuci, bawa 6pasang sudah lebih dari cukup
  • penutup tangan buat sholat, bawa 2
  • masker
  • semprot wajah
  • payung
  • buku doa
  • jaket (kalau musim dingin)
  • baju tidur
  • sapu tangan handuk
  • alat mandi
  • pelembab (aku beli disana murah soalnya vaseline recomended untuk bibir dan kaki yg pecah2)
  • tissue
  • tissue basah
  • botol minum isi ulang
  • tepak makan
  • isolasi besar/lakban
  • gunting
  • tali tampar, untuk bikin jemuran
  • charger
  • obat obatan pribadi, minimal minyak tawon, minyak kayu putih, voltaren
  • vitamin
  • bantal leher, sangaaaat membantu sekali
  • biskuit, selalu taruh di tas yg dibawa kemana2 sangat membantu p3k disaat keluwen

IMG_20131228_053712 penampakan bantal leher, yg dipake adekku

Sekian dan terima kasih beberapa catatan yang bisa aku bagi buat temen-temen semua.

semoga bermanfaat, kurang lebihnya mohon maaf sebebsar besarnyah…